Usual Storyline

oeuvre

THE INCAL

Novel Grafis The Incal

Novel grafis ini jelas tidak akan bisa masuk ke Indonesia saat Orde Baru berkuasa, sudah tahu artinya ? Yup, Jodorowsky dan Moebius benar- benar menunjukkan tahapan dari peradaban manusia; lahir, berkembang, meluas, membusuk, mati, dan lalu hidup lagi.

Sebenarnya obsesi sebagian kecil manusia untuk “Tercatat Dalam Tinta Emas Sejarah” tidaklah salah, karena maksud yang disampaikan adalah sejarah versi manusia, bukan begitu ? Kalaupun tidak ditulis dalam sejarah versi manusia , manusia sudah pasti tertulis dalam sejarah semesta, setidaknya bisa ditelusuri lewat mata rantai DNA mitokondrianya, kan ya ? Sejarah semesta bisa ditelusuri lewat segala yang ada di sekitar kita, dan itu jauh lebih memaknakan keberadaan manusia itu sendiri.

Obsesi untuk tercatat dalam tinta emas sejarah ini, yang seringkali menimbulkan sebuah peradaban menjadi dinamis. Dinamis dalam artian konstruktif : kemajuan pengetahuan, lahirnya teknologi, atau bisa juga destruktif ; perebutan kekuasaan, pembunuhan massal, atau pembumihangusan bangsa lain. Apapun metodenya, yang penting tercatat kan ? Soal kontroversial, semisal ada satu tokoh yang tercatat sebagai pahlawan di negara asal, namun disebut pembunuh massal di negara lawan, itu soal lain. Ingat, yang penting : Tercatat !

Incal ini mengangkat sisi manusia yang tidak seharusnya “Tercatat” dalam sejarah versi manusia. Anda bisa membayangkan, kalau hidup di era Mahabharata atau Ramayana, atau Anda pernah menjadi penikmat wayang ? Yup, tidak ada tempat untuk manusia bernama “Rakyat”.  Jikalaupun sekarang sudah ada sebutan yang agak mewah, yaitu “Warga Negara”, itu sudah jauh lebih lumayan. Tapi percayalah, manusia pernah ada masanya hanya mencatat yang layak “Tercatat”, yaitu para begawan brahmana, raja bangsawan, dan ksatria perwira. Anda dan saya yang “Rakyat” jelata, jelas bukan bagian dari yang “Tercatat” dalam sejarah manusia, sayang sekali🙂

Saat ini mungkin menggelikan, betapa manusia bisa membunuh manusia lain, demi bisa “Tercatat” dalam sejarah manusia. Tapi, fakta itu memang menarik untuk dipelajari, entah untuk dimunculkan kembali, atau diwaspadai agar jika ada peluang muncul, cepat dipadamkan.

Kalau mendapatkan novel grafis ini secara lengkap, atau sekalian mau memesan spin off -nya, yaitu Metabaron, Anda bisa mengontak yang empunya blog ini, silakan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 22, 2012 by in Review and tagged , , , , , .
%d bloggers like this: