Usual Storyline

oeuvre

Warrior

Poster Film Warrior

Sebenarnya, saya tidak tertarik saat melihat poster Warrior. Kenapa ? Yup, dari sejarah adaptasi Mixed Martial Arts ke layar lebar, hasilnya, sesuai pengalaman saya sejauh ini, selalu mengecewakan. Apalagi saya, yang memang secara pribadi, menggemari olah raga ini, berharap penggambaran yang realistis secara teknik, maupun plot yang dibangun. Dramatisasi  berlebihan yang dipaksakan sutradara, untuk menyenangkan penonton, sungguhlah tidak realistis, karena perkelahian sebenarnya, adalah suatu aktivitas yang tidak enak buat ditonton, percayalah🙂

Tetapi, ada yang berbeda dari film ini, kenapa ? Saya sendiri masih merasa trauma sampai melihat, secara tidak sengaja, peringkat di IMDB yang mencapai 8,3, dari skala 10 ! Berikut beberapa kicauan dari kawan, yang sampai merekomendasikan film ini, menjadi salah satu nominasi kuat Oscar tahun ini ! Oke, mungkin saya salah kali ini….

Ya, saya salah menilai film ini dari posternya, ada banyak kejutan di dalamnya. Saya tidak akan membocorkan kisahnya, Anda bisa melihatnya langsung. Pendeknya film ini menggabungkan antara konflik keluarga, perjuangan lelaki yang ingin mempertahankan keluarga, dan lelaki yang ingin membayar janjinya kepada sahabat karib. Menarik, karena sisi maskulinitas yang dibenturkan adalah antara karakter family man dan friendship brotherhood, ditambah dengan latar yang menjadi  arena sorotan utama, ring pertandingan tarung bebas, Mixed Martial Arts, mantap !

Latar cerita, saat Amerika Serikat, terutama kalangan menengahnya, merasakan beratnya depresi yang disebabkan oleh Subprime Mortgage, cukup realistis dibangun dalam film ini. Depresi yang menghantam kredit perumahan itu, sangat dirasakan beratnya oleh kalangan pekerja, penggambaran realis itu menjadi motif yang kuat membangun cerita, sejak awal sampai akhir.

AS yang sedang defisit, ternyata juga menghamburkan anggaran militer, untuk menginvasi negara lain, demi memperjuangkan, apa yang mereka sebut dengan, demokrasi. Motif yang membangun cerita ini pun sangat kuat, bagaimana dengan kondisi keluarga prajurit yang dikirim ke medan perang ? Bagaimana kesejahteraan keluarga yang ditinggal ? Apa masa depan yang dihadapi oleh anak muda bersemangat ini ?

Teknik yang diperlihatkan dalam pertarungan langsung jarak dekat ( Close Combat ) di film ini, juga realistis. Tidak banyak darah berceceran, tidak banyak atraksi salto dan akrobatik yang berlebihan, tetapi teknik serangan, bertahan, hingga bertarung di tanah ( ground fighting) yang diperlihatkan, cukup mendekati keadaan sebenarnya.

Tebakan kawan saya tadi benar, Nick Nolte dinominasikan dalam Oscar tahun ini, sayang tidak menang🙂

One comment on “Warrior

  1. manonmona
    March 12, 2012

    Reblogged this on Espacio de MANON.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 6, 2012 by in Review and tagged , , , , .
%d bloggers like this: