Usual Storyline

oeuvre

Mahesa Jenar

Tokoh ini memang fiksi,  namun orang- orang yang menjadi tokoh sampingan memang benar ada sebagai pelaku sejarah, mulai dari Ki Ageng Pengging ( Kebo Kenanga), Sunan Kalijaga, sampai ke Jaka Tingkir alias Karebet, yang selanjutnya akan naik tahta menjadi Raja Pajang.

Keris yang menjadi bahan perebutan sejak awal kisah sampai episode terakhir pun juga nyata adanya, Nagasasra- Sabukinten, yang menjadi semacam simbol bagi pemegang sah tampuk penguasa saat itu.

Pertama kali baca komik Mahesa Jenar, yang judulnya Nagasasra Sabukinten, di Koran Suara Merdeka, dan sekarang setelah baca ulang, ada nuansa berbeda yang didapat. Ternyata memang perguruan olah kanuragan yang disebut- sebut dalam novel tersebut benar- benar ada, itu pun tahunya juga setelah sempat mencicip latihan tenaga dalam salah satu perguruan. Begitu pula model petualangan semacam yang diceritakan dalam novel tersebut.

Dramatisasi novel lewat persilatan kata seringkali meliarkan imajinasi pembaca, seperti kata Roland Barthes. Penulis hanyalah tamu di karyanya sendiri, karena setiap pembaca selalu memiliki imajinasi yang tak sama pada teks yang mereka ( kita ) baca, itulah literasi. Imajinasi yang diangkat oleh SH Mintardja ini menjadi terbatas ketika dibuat komik bersambung di harian saya maksud di atas, selain latar yang dibuat juga hitam putih, gambaran Jawa di waktu dan tempat kejadian juga belum tentu tepat.

Kontroversi pertentangan politis antara Syaikh Siti Jenar dengan Sunan Kudus, yang konon kabarnya lebih bernuansa politis dibanding agamis, menjadi latar belakang awal mulanya kisah ini. Kenapa ini menjadi menarik, karena semakin ke sini, saya mulai membuka diri untuk menelaah kembali sejarah versi pemerintah Orde Baru, yang dalam perspektif mereka, memposisikan Siti Jenar pada pihak yang destruktif, serta Sunan Kudus beserta pemerintahan Demak Bintoro, pada posisi konstruktif.

Ki Ageng Pengging ( Kebo Kenanga) adalah salah satu murid terbaik Syaikh Siti Jenar, dan Mahesa Jenar adalah kawan seperguruan Kebo Kenanga. Kebo Kenanga sendiri benar- benar ada orangnya, bahkan sebenarnya beliaulah ayah kandung dari Karebet alias Putut Karang Tunggal, alias Jaka Tingkir. Dari sini cerita bergulir ke petualangan perebutan Keris Nagasasra Sabukinten, yang akan menentukan legitimasi penguasa selanjutnya, setelah Demak runtuh.

Menariknya, seperti halnya perebutan tahta di tanah Eropa, genealogi raja- raja di nusantara, kalau ditelaah ulang, ternyata masih saling terhubung. Yang ingin saya temukan adalah mata rantai DNA mitokondria, dari segi genetika, dengan transfer nilai antar generasi, dalam satu alur keluarga, yang kemudian seolah- olah terpecah menjadi berbagai kerajaan di kemudian harinya.

Ilmu pengetahuan di kala itu tidaklah sedistributif sekarang, berikut mitos- mitos yang memang sengaja dibentukkan, kalau perlu dipaksakan dengan kekerasan, dalam rangka menjaga hegemoni kekuasaan. Walaupun kemungkinan besar raja- raja di kala itu tidak kenal dengan Machiavelli di Italia, yang menjadi penasehat utama Keluarga Medici, akan tetapi secara pemodelan operasional mekanisme pelanggengan kekuasaan, banyak kemiripan. Toh, bukankah manusia itu masih satu spesies Homo sapiens ?

Seperti membaca Tetralogi Buru-nya Pramoedya Ananta Toer, yang bercampur dengan gaya Ko Ping Hoo, begitulah rasanya menikmati novel Mahesa Jenar karya SH Mintardja ini.

Kalau Anda berminat menikmati novel ini, silakan kontak empunya blog.

3 comments on “Mahesa Jenar

  1. Ismail Sunni
    September 30, 2013

    Wow, ada di Suara Merdeka juga tho? Aku dulu bacanya di Kedaulatan Rakyat (yang Naga Sastra Sabuk Inten). Gak terlalu ngikuti sih tapi. Lebih suka ngisi TTS atau baca berita olahraganya, dan rubrik Sunggug-Sungguh Terjadi.

  2. sela
    February 13, 2014

    kalo aku udah baca novelnya yg digital, wkwk, ada juga temen baca novel visiknya ada 2 buku tebel2 smua haha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 10, 2012 by in Review and tagged , .
%d bloggers like this: