Usual Storyline

oeuvre

Calvin& Hobbes

CH

Calvin and Hobbes, Bill Watterson

I don’t need to explain more, and I just don’t want to write anything about this awesome reclusive person, Mr. Bill Watterson. I just want to say, you’re a great man indeed, Sir … ~ Maximillian 

Fragmen bertema filosofi yang dimainkan oleh orang tua berjenggot, beruban, berjubah toga memang sudah terlalu lazim, membosankan, dan bikin suntuk. Kesan yang tertangkap terkadang terkesan bijak menggurui, kurang jam kerja, dan terlalu sukar dicerna oleh manusia berstamina tinggi, model para kosmopolit urban, eksekutif muda, dan kaum profesional pekerja, yang memandang rendah para pensiunan pemikir serta sudah bosan hidup itu.

Jika celoteh pertanyaan dan pernyataan yang mengagetkan kelaziman itu dilontarkan oleh anak kecil lincah, dengan kawan imajinernya yang cuma seonggok boneka, mungkin kesan suntuk, membosankan, dan menggurui itu jadi sirnalah sudah. Bongkahan kolom kartun Calvin dan Hobbes, yang diciptakan oleh Bill Watterson, menggantikan sosok tua berjenggot, berjubah toga, berjidat lipat, dan bosan hidup tadi, mengundang penikmatnya untuk tertawa lalu merenung hebat, tanpa merasa berpikir terlampau berat, karena hidup memang sudah terlalu berat untuk dipikirkan sih.

Para pekerja, pebisnis, dan praktisi di lingkaran ekonomi pasar akan terengah- engah kehabisan napas, kalau disuruh membaca narasinya Nietzsche atau Marx, Weber atau Friedman, sudahlah, kosakata yang dibangun untuk menciptakan kelindan semantik dan sintaksnya itu sudah semacam dipaksa lari marathon 10 km, atau mungkin pentatlon ala Eropa Timur yang dahsyat itu, dan tidak ada waktu lagi untuk berolahraga keras bin mematikan macam itu, realitas sehari- hari sudah terlalu melelahkan untuk dihadapi. Filsafat juga bukan posisi yang bisa ditransaksikan di ekonomi pasar, kecuali mungkin oleh politisi pengisi konten media, para penjual kecap nomor satu, yang apalah itu rasanya tak lezat pula.

vlcsnap-2006-01-20-00h37m20s111

Kurva Ekonomi Fundamental; Terpisah

Ekonomi pasar sebenarnya ya cuma tiga kurva diatas digabung, kurva produktivitas, kurva kredit jangka pendek, dan kurva kredit jangka panjang. Kredit jangka pendek terminnya antara 5- 10 tahun, dan jangka panjang antara 75- 100 tahun. Jika kredit jangka pendek itu biasanya umur dekade manusia, maka kredit jangka panjang itu umur dekade lembaga, bisa perusahaan swasta/ kongsi, atau bisa juga negara. Rata- rata manusia itu ya berkutat di kredit jangka pendek, untuk membiayai pembelanjaan rumah, sekolah, dan kebutuhan jangka pendek. Cuma sedikit yang berkesempatan mengalami kurva kredit jangka panjang, pengamat dan akademisi mungkin bisa melihat, tapi ya sekedar melihat, bukan mengalami, apalagi memetik hasilnya.

vlcsnap-2006-01-20-00h37m49s10

Kurva Ekonomi Fundamental; Disatukan

Kurva produktivitas dibangun dari sinusoidal kedua kurva sebelumnya, dan basisnya bahwa generasi yang akan datang akan lebih produktif, lebih banyak, lebih sehat, dibanding generasi sebelumnya. Memang aktivitas ekonomi itu pelakunya ya cuma manusia, tak ada monyet atau babi mau mencetak uang, bertransaksi, apalagi menghitung kurva produktivitas populasinya tiap 100 tahun, bernalar pun mereka tak mampu kok. Cuma manusia yang mampu bernalar, setidaknya sampai saat ini yang diketahui, di biosfer bumi.

Kelucuan Calvin dan Hobbes itu bukan karena sosoknya yang masih balita, berkawan dengan kawan imajinatif, dan lalu bertingkah konyol yang memancing tawa. Kelucuan Calvin dan Hobbes adalah kelucuan introspektif, pembacanya dibawa untuk menertawakan dirinya sendiri, lupa bahwa fragmen filosofisnya itu sebenarnya perlu kerja keras untuk diwujudkan dalam bongkahan kartun sependek itu.

Pendeknya, Bill Watterson memang jenius.

Catatan:

1. Grafis: Ray Dalio

2. Jika ingin mendapatkan koleksi lengkap Calvin and Hobbes 1985- 1995, silakan kontak Maximillian ( admin blog)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 2, 2014 by in Review and tagged , .
%d bloggers like this: