Usual Storyline

oeuvre

Hikmah Perang

War is a necessary evil 

Naluri terdalam manusia berupa rasa takut dan pertahanan diri, untuk tidak mau kehilangan nyawa, gara- gara diancam oleh pihak lain, baik itu peperangan bersenjata dengan sesama binatang berkaki dua atau perebutan lahan hidup dengan binatang berkaki empat, bisa jadi adalah motivasi paling efektif untuk menghasilkan penemuan- penemuan baru, yang seringkali fungsinya memberi banyak kemudahan hidup, saat kondisi damai.

Evolusi peradaban manusia memunculkan fenomena menarik, bahwa puncak- puncak kreativitas kapasitas intelektual manusia, justru muncul saat kondisi diri mereka ( kita) sedang terancam, terpojok, demi mempertahankan diri serta kelompok, dan mengalahkan sesama binatang berkaki dua, yang dianggap musuh berbahaya.

Jikalaupun penemuan itu dibuat saat keadaan damai dan tidak laku dijual di pasar,  maka permintaan terbesar, biasanya atas belanja pemerintah, yang ingin agar serdadunya menjadi lebih efektif dalam pertempuran terbuka, atau pengumpulan informasi intelijen militer. Penemuan hebat belum tentu laku saat kondisi damai, tapi berpeluang laris manis saat momen perang.

Berikut adalah beberapa penemuan- penemuan, yang jika ditelusuri pada mulanya, adalah didanai demi kepentingan militer strategis dan praktis, atau demi pertahanan- keamanan negara, yang dalam kondisi perang.

Internet
Defence Advanced Research Project Agency ( DARPA) AS yang mengeluarkan mandat tahun 1962 untuk menghubungkan komputer di Pentagon, lalu pusat komando strategi udara  ( Strategic Air Command)  dengan pusat komando rahasia yang terpendam di dalam pegunungan Cheyenne.

Tim riset DARPA membangun teknologi yang memungkinkan terbangunnya basis jaringan komputer, dan ketika jaringan komputer militer semua mulai saling terhubung, pemerintah AS membuat teknologi menjadi bisa dibangun di kampus universitas sipil.

Memang banyak kalangan yang kemudian ikut terlibat mengembangkan internet, tapi tanpa inisiasi dari DARPA, peluang itu nyaris nihil. Saat menulis blog ini, dan yang membacanya, inilah hikmah peran dingin.

clientmap_16to9_1600x900

Komputer
ENIAC, komputer elektrik pertama yang memiliki kapasitas untuk diprogram dalam berbagai tujuan, awalnya dibuat untuk kepentingan militer AS demi menghadapi Perang Dunia II. Fungsi awalnya adalah untuk digunakan di laboratorium riset balistik.

Eniac

Vaksin
Metode vaksinasi ditemukan secara insidental saat pecah Perang Revolusi Amerika, saat itu untuk menanggulangi wabah cacar air yang menelan banyak korban di kalangan serdadu kombatan. Banyak menelan korban untuk proses uji coba vaksin, tapi hasilnya bisa dinikmati sampai sekarang, salah satu yang terbukti efektif adalah vaksin polio.

204_vaccine

Antibiotik
Isolasi penicillin untuk keperluan antibakteri pertama kali ditemukan oleh Alexander Flemming, pada 1928. Tapi penggunaan medisnya baru benar- benar muncul ke permukaan pada permulaan Perang Dunia II. Pembusukan organ tubuh yang terluka dan infeksi yang menewaskan banyak serdadu kombatan saat Perang Dunia I, dapat dengan efektif ditanggulangi lewat terapi antibiotik semacam sulfonamide dan benzylpenicillin. Setelah PD II, penggunaan antibiotik menjadi jamak di belahan dunia barat, dan sekarang mulai menimbulkan dampak resistensi, menjadi masalah baru.

In_antibiotics

Makanan Kaleng
Saat Perancis masih berstatus negara superpower,  Napoleon membuat sayembara untuk penemuan yang mampu menyimpan makanan, dalam jangka waktu lama, dan berskala masif, serta murah.

Hadiah yang ditawarkan waktu itu adalah 12 ribu frank, dan yang menerimanya adalah Nicolas Appert, seorang chef dan produsen bir, yang menemukan bahwa makanan yang disimpan dalam wadah bersegel, cenderung tidak rusak. Dia lalu mengadopsinya untuk wadah kaleng.

food-shelf-canned.208190520_std

Oven Microwave
Percy Lebaron Spencer, yang dipekerjakan oleh kontraktor militer Raytheon Company, menyadari bahwa gelombang RADAR membuat cokelat di saku dia meleleh. Setelah meyakinkan bahwa dirinya tak ikut meleleh, dia memastikan bahwa radiasi gelombang mikro mampu memanaskan permen, tapi bukan pembungkusnya, dan dia mengajukan teknologi ini untuk memasak makanan. Tahun 1954 Raytheon mulai meluncurkan teknologi ini untuk keperluan komersial.

6159microwave_oven
Anonimitas Internet
Bagi para pengguna peramban TOR , prinsip penggunaan awalnya dibiayai oleh US Office of Naval Research tahun ’95, dan pengembangannya dibantu oleh DARPA tahun ’97. Tiga tahun kemudian, TOR network mulai bangkit sebagai kelanjutan dari riset yang dibiayai oleh DARPA.

Tor- Opening Browser

GPS
Teknologi Global Positioning System pada awalnya hanya diperuntukkan bagi Angkatan Udara dan Angkatan Laut NATO, dengan purwarupa berkode Navstar GPS. Sekitar tahun 1973- 1978, Dr. Bradford Parkinson bekerja dengan kedua angkatan perang itu untuk mengembangkan Navstar GPS berbasis pada lebih dari satu satelit, dalam menemukan sebuah posisi dan keperluan navigasi. Cara itu lebih akurat untuk kalangan militer, dalam rangka mengawal misil dan melacak kapal perang. Saat ini teknologi GPS sudah menjadi komersial, dan sejak tahun ’90- an AS sudah memperbarui satelit generasi kedua, yang lebih maju.

71LlmNTbJfL._SL1500_Epipen
Alat injeksi otomatis untuk suntikan epinephrine menanggulangi reaksi alergi, awalnya digunakan oleh para serdadu kombatan dalam rangka menghadapi senjata kimia.

epipen4

Freeze Drying
Teknologi pembekuan yang lazim digunakan oleh industri farmasi dan makanan ini awalnya digunakan saat Perang Dunia II, untuk keperluan penyimpanan suplai medis.

Benchtop_freeze_dryer
Selotip
Tahun 1942, selotip ditemukan untuk keperluan militer, dalam rangka melapisi amunis dan senjata, sehingga kedap air. Serdadu PD II mulai menyadari fungsi lain dari selotip, yaitu untuk perbaikan sementara semua peralatan perang militer. Selotip ditemukan oleh perusahaan farmasi, Johnson& Johnson, yang ketahanan dan sifatnya kedap air, membuatnya sangat berguna untuk menyegel kontainer, memperbaiki jendela, dan berbagai peralatan perang lainnya.

SONY DSC

Celana Kargo
Celana longgar dan berkantung banyak ini pertama kali digunakan serdadu Britania, tahun ’30-an, untuk membawa peralatan vital semacam cadangan amunisi. Serdadu AS mengikuti di tahun berikutnya, dan mulai dikomersialkan sekitar tahun ’90-an.

509945042_210

Jerigen
Awalnya dikembangkan oleh militer Jerman pada tahun ’30-an.

gascan-nato-2

Kulkas
Kebutuhan untuk penyimpanan logistik, dalam skala besar, dan waktu yang lama, mendorong penyempurnaan metode pendinginan. Sebenarnya penggunaan freon sudah dimulai sejak tahun ’20-an, tapi peralatan dan teknologi pendinginan ini tak begitu populer, sampai terjadi Perang Dunia II, yang mendorong produksi massal untuk keperluan militer. Freon yang digunakan dalam kulkas juga akan digunakan untuk teknologi pengatur suhu udara ruangan ( Air Conditioning).

Standalone_1175X1290

Kamera Digital
Penggunaan awalnya oleh NASA/ USAF KH- 11 “Kennan”, untuk keperluan intelijen militer pada tahun 1976, berupa penggunaan kamera elektro-optikal revolusioner yang dikode dengan format digital. Dasar teknologi ini yang digunakan dalam teknologi kamera digital, dan versi pembaruan dari KH- 11 masih menjadi komponen dominan dari teknologi penyadapan AS.

digital-cameraAmbulan
Konsep ambulan pertama kali digunakan oleh serdadu Napoleon, fungsinya mendekati ambulan modern,. Kereta kuda beroda empat, yang mengangkut serdadu terluka dengan pertolongan pertama, sampai mencapai rumah sakit untuk pertolongan lebih lanjut.

Zdravotnická_záchranná_služba_Jihočeského_kraj_Volkswagen_Crafter_Strobel

Kacamata gelap
Saat posisi tinggi di angkasa, penerbang butuh perlindungan mata, dari cahaya matahari. Kaca mata gelap dengan bentuk tetesan air adalah alat yang fungsional untuk kebutuhan itu. Ray Ban Aviator menjadi alat standar untuk serdadu Perang Dunia II, karena mampu menangkal 80% cahaya matahari. Kacamata gelap sangat penting untuk para penerbang pesawat tempur dan pembom.

Travel-With-Aviator-Sunglasses

Pembalut perempuan
Tahun 1914, perusahaan Kimberly- Clark yang fokus bisnis sebenarnya adalah pada penggilingan kayu, menemukan bahwa serbuk kayu ( pulp) memiliki daya serap lima kali lebih baik daripada kapas, dan lebih murah ongkos produksinya. Kimberly Clark mulai menawarkan cellulocotton kepada pihak militer, dan sangat efektif sebagai pembalut luka ( perban) serta pembalut wanita, bagi para perawat perempuan yang bertugas di medan perang, saat Perang Dunia I.

c26-B000FFBMXE-1-s

Silet pencukur
Pisau silet sekali pakai memang pertama kali ditemukan oleh Gillette tahun 1903. Namun pada awalnya strategi ini kurang diterima oleh pasar, karena harga silet isi ulangnya terlalu mahal bagi konsumen.

Gillette baru sukses ketika mendapatkan kontrak untuk menyuplai serdadu AS saat Perang Dunia II, dan memaksa mereka memperbarui strategi harga pasar. Sampai sekarang merek pisau cukur sekali pakai mereka masih nomor satu.

EDJ016-Edwin-Jagger-Classic-Razor-Octogonal-ebony

Lem super
Lem super pertama kali ditemukan Harry Coover dan Fred Joyner, tahun ’51. Saat itu mereka berusaha menemukan bahan pelapis tahan panas untuk kokpit jet. Sampai tahun ’58 produk lem yang tak perlu panas dan tekanan ini menyentuh pasar. Ternyata produk ini punya fungsi medis, yaitu pertolongan pada serdadu yang terluka saat Perang Vietnam.

Super_Glue_tube

Jadi, jika sekarang manusia yang hidup di kondisi damai merasa dimudahkan oleh keberadaan teknologi di atas, maka pahami juga bahwa kemudahan itu adalah hasil dari kompetisi yang mahal, brutal, menyakitkan, dan menewaskan banyak manusia di generasi sebelumnya.

Peradaban manusia berevolusi, dan kompetisi antar sesama binatang berkaki dua, berkesadaran tinggi ini,  adalah dorongan yang memaksa secara alamiah untuk berinovasi terus menerus. Ya, war is a necessity to invent ….

Pranala luar: Quora

4 comments on “Hikmah Perang

  1. edwinlives4ever
    August 4, 2014

    War is a profitable business.

  2. S™J
    August 11, 2014

    In order to create a hero, we need to create a monster, than a war for both hero and monster. Tapi saya kira pemaknaan perang sendiri kan bisa persaingan demi *halah* kesempurnaan.

  3. S™J
    August 11, 2014

    ralat: then

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 31, 2014 by in Review and tagged , , , .
%d bloggers like this: