Usual Storyline

oeuvre

Kolateral

Raja disebut “penguasa” karena secara de jure mereka adalah pemilik tanah dan air, yang disebut aset ( C3). Nama mereka yang de facto dicantumkan resmi di sertifikat aset ( C2). Semua warga kerajaan adalah “penumpang” di tanah dan air milik raja, tapi warga berhak bertransaksi dengan uang ( C1), yang digaransi oleh sertifikat aset ( C2) milik raja.

Presiden disebut “pemerintah”, karena mereka de jure bukan pemilik tanah dan air, mereka cuma pengatur sistem kenegaraan. Dana kas/ uang ( C1) yang mereka gunakan untuk menggaji tentara dan pegawai diambil dari pajak, atau menerbitkan surat hutang ( C1) yang bisa dibeli warga, bukan dari mengagunkan aset. Pajak dibayarkan oleh warga negara, agar diatur oleh pemerintah. Warga lebih superior daripada pemerintah, karena mereka yang membayari pemerintah.

“Pemerintah” bukan “Penguasa”, karena statusnya cuma pengatur arus kas (C1), bukan pemilik aset (C3- C2) yang menjamin arus kas ( C1).

Esensi demokrasi harus sampai ke soal siapa pembayar pajak dan siapa yang dibayari oleh pajak, dan kenapa pembayar pajak berhak memilih pengatur uang pajak. Siapa mengawasi dan mengendalikan siapa, karena pemerintah dan warga statusnya sama- sama bukan pemilik tanah dan air ( C3), cuma kecipratan arus kas ( C1) saja.

Demokrasi bukan semata soal kontestasi ideologi isi kepala, tapi juga kontestasi sertifikat atas nama aset ( C2) dan angka di dalam rekening ( C1, itupun kalau punya).

Kalau cuma bentrokan ide ala kaum intelektual terdidik , nenek- nenek jompo bergelar sarjana juga pada jago. Warga yang punya cukup sertifikat aset dan angka rekening buat hidup berdaulat, tak akan mau dibeli hak suaranya.

Demokrasi transaksional terjadi karena ketimpangan dahsyat kepemilikan aset ( C2) dan angka di rekening/ uang di dompet ( C1), bukan karena tidak paham ideologi.

Ideologi tak bisa membeli beras dan bayar listrik.

Keterangan:
C1: Cash
C2: Cash Collateral
C3: Cash Collateral Commitment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 6, 2014 by in Review and tagged , , , , .
%d bloggers like this: